Senin, 05 April 2010

kreatifitas 1

Kreatifitas menurut saya adalah kemampuan manusia yang berproses secara alami untuk menghasilkan ide ataupun segala hal yang bermakna sehingga bisa menyelesaikan segala bentuk permasalahan dengan baik dan menghasilkan karya nyata dalam kehidupannya.

Dalam memformulasikan definisi ini saya berusaha mengambil hikmah dan esensi dari berbagai hal dan pengalaman hidup orang-orang disekitar saya. Katakanlah tante Is, seorang ibu rumah tangga yang kesepian, karena suaminya kerja dan anak-anaknya sudah pada kuliah. Berawal dari kesepian itulah beliau mencari kesibukan. Beliau akhirnya membeli buku bagaimana membuat kue. Terus belajar hingga akhirnya dia dikenal sebagai produsen kue. Dari mulai kue nastar yang menjadi spesialisasinya berkembang menjadi aneka ragam bentuk dan rasa kue. Setidaknya ada 50 macam kue kering nan lezat yang telah diproduksinya. Belum lagi melayani pesanan-pesanan kue untuk berbagai acara, mulai dari ulangtahun, pernikahan, acara ibu-ibu, acara-acara kantor dan sebagainya. Semuanya pastilah tak luput dari yang namanya kemampuan berkreasi dari tante Is. Sekarang tante Is tidak lagi merasa kesepian bahkan lebih dari itu, punya penghasilan sendiri dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi tetangga disekitarnya.

Perasaan saya dalam mencoba mendefinisikan kreatifitas sejauh ini nyaman saja. Saya selalu percaya bahwa selama analisa saya logis dan memiliki benang merah, saya tak perlu merasa khawatir akan salah. Dan kalaupun memang benar salah, artinya saya menjadi lebih tahu apa & bagaimana itu salah, jadi pun akan mengetahui yang benar pada akhirnya. Saya pikir ini bukan masalah besar, jadi saya tak perlu berlebihan (terlalu khawatir) mensikapinya. Karena setiap individu berhak mengeluarkan pendapat yang diyakini kebenarannya, dan itu sangat kita hargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar