Kamis, 22 April 2010

kenali karakter kreatifmu...

15 karakter kreatif, mana yang ada pada dirimu ??

1. sadar bahwa ia kreatif
mengerti apa yang mesti dilakukan bila menghadapi masalah sehingga selalu percaya diri berusaha untuk mampu berkreasi dalam pemecahan masalah karena melihat dari sudut pandang ”proses pembelajaran”

2. independen
berani tampil beda dan tidak terpengaruh segala hal yang ada disekitarnya. Karakter ini mendasari kemandirian yang tangguh dan memiliki pemikiran dari sudut pandang yang tak biasa.

3. Orisinil
Memiliki ide yang murni dan tidak tertarik menjadi plagiat dari sesuatu yang sudah ada dan berkembang. Inspirasi muncul dari keaslian dan kemandirian berpikir sehingga selalu memberikan warna baru dari sebuah karya

4. berani ambil resiko
tak pernah takut gagal, tapi bukan berarti melakukan sesuatu tanpa perhitungan yang matang. Karakter ini selalu bisa berpikir positif atas pencapaian yang ada. Jadi kalau berinisiatif beresiko, hanya diam lebih beresiko, karena berinisiatif masih punya peluang untuk berhasil sementara diam is ’nothing’

5. penuh energi
karakter ini memiliki orientasi pencapaian tujuan. Jadi dia akan selalu memiliki semangat untuk mencapainya dengan pemikiran positif yang menemaninya sampai bertemu dengan tujuannya tersebut

6. rasa ingin tahu
Biasanya memiliki pemikiran yang logis, dan selalu ada tanda tanya diotaknya serta usaha yang tiada henti untuk menemukan jawabannya.

7. puya rasa humor
serius tapi santai, menyadari bahwa berpikir pun sebaiknya di imbangi dengan relaksasi, bisa berupa humor-humor yang bisa membuat tertawa lepas, yang terkadang diantaranya justru bisa memunculkan ide gila yang luar biasa, untuk memecahkan suatu masalah.

8. memiliki kapasitas untuk berfantasi
memiliki daya khayal yang tinggi, tampak seperti pemimpi tapi justru hal itu bisa memunculkan posibilitas dalam menghasilkan ide-ide baru atau pemecahan masalah yang bisa dilogiskan.

9. tertarik pada hal yang rumit, kompleks dan belum jelas
berani menerima tantangan (melihat tantangan dari sudut pandang yang berbeda). Dengan tantangan kemampuan berpikir menemukan ide-ide kreatif untuk solusi menjadi terasah sehingga melatih kepercayaan diri dan menganalisa masalah.

10. Artistik
Memiliki ’sense of art’ yang baik, biasanya juga detail dalam mengerjakan sesuatu. Ide yang dihasilkan tak jauh dari inspirasi seni.

11. berpikir terbuka
’open minded’, berpikir dari sudut pandang yang luas, terbuka dengan segala ide, fleksible dan tetap memiliki prinsip yang mengatur dan mengakomodasi pikiran positif atas sesuatu yang baru.

12. cermat, teliti
terencana dan pandai mengorganisasi diri, aktifitas dan waktunya. Karakter ini biasanya pemikir, serius, serta mampu menganalisa permasalahan dengan terintegrated. Hal ini sangat penting untuk fokus dalam proses pemecahan masalah.

13. butuh waktu menyendiri
suatu ketika kita membutuhkan ’space’ waktu untuk diri kita sendiri secara utuh. Ini cukup besar manfaatnya untuk jujur pada diri sendiri, berefleksi, introspeksi yang pada akhirnya bisa jadi pemecahan masalah kita temukan saat menyendiri.

14. mudah mengerti
karakter ini biasanya mampu berpikir cepat, dengan menganalisa rangkaian persoalan secara komprehenship, sehingga mampu melihat persoalan dari sudut pandang yang berbeda dan menemukan alternatif-alternatif ide yang akurat dan antisipatif.

15. emosional
mampu membuat orang lain terhanyut dalam kondisi yang dialami, biasanya permasalahan yang berhubungan dengan moral, dan ide bisa memiliki makna yang lebih berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar